Bimas Islam

Kakan Kemenag Bolsel Hadiri RAKERDA LPTQ Sulut

Senin, 8 Januari 2024 12:10 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Drs. H Nasri Sakamole, M.Si menghadiri Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sulawesi Utara, yang diselenggarakan di Quality Hotel Manado, senin (08/01/2024).

RAKERDA ini dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sulut H. Sarbin Sehe, S.Pd.I M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa tugas dari LPTQ menjadi Edukasi Pendidikan Tilawatil Qur’an. “Lembaga Al-Qur’an harus terus dijalankan dari proses kaderisasinya di TPQ, setiap desa/kelurahan serta kecamatan ada lembaga tilawatil Qur’an untuk membina baca tulis, dan seni baca tulis Al-Qur’an, Bolsel sebagai kabupaten yang dapat dicontoh karena sudah menjalankan edukasi Tilawatil Qur’an lewat wisuda gema Juz 29 dan 30,”kata Kakanwil. 

Lanjut kakanwil juga berharap setelah seleksi MTQ Provinsi ada pembinaan dan karantina, “pasca seleksi MTQ provinsi ada pembinaan dan karantina/TC selama 6 bulan sebelum ke tingkat Nasional,”lanjutnya. 

Dalam RAKERDA ini membahas evaluasi program kegiatan LPTQ tahun 2023 dan persiapan MTQ tahun 2024 dan telah disepakati bersama bahwa MTQ tingkat Provinsi ke XXX akan dilaksanakan di Kotamobagu. 

Dikonfirmasi oleh Humas Kemenag memulai via WA, Kakan Kemenag mengatakan bahwa Keikutsertaannya dalam kegiatan Rapat Kerja (Raker) LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an) adalah untuk memperkuat pemahaman tentang sistem kerja yang didalamnya cara tentang meraih prestasi pada ajang LPTQ.

“ Mengutip sambutan Kakanwil Kemenag Sulut H. Sarbin Sehe, S.Ag, M.Pd.I yang menyebutkan bahwa Kemenag Bolsel sudah memiliki program yang menjadi penyangga prestasi LPTQ yaitu kegiatan GEMA (Gerakan Menghafal Al-Qur'an) Juz 30 dilingkungan madrasah dan sekolah,”ujarnya. 

Mengacu pada hal tersebut diatas Kakan Kemenag Bolsel mengharapkan kepada kita semua terus menggelorakan GEMA dilingkungannya, supaya di masa depan Bolsel dapat menjadi daerah penyangga prestasi sebelum dalam jangka panjang menjadi lumbung prestasi MTQ/STQ di Sulut.

Turut hadir dalam RAKERDA Kakan Kemeneg se Provinsi Sulut, Kabag Kesra Pemda Bolsel, Arfan Djafar, Ketua LPTQ yang diwakili oleh sekertaris LPTQ H. Moh. Zulkifli Latoale, S.Ag.,MH dan para tamu undangan lainnya. (ET)

 

Humas 

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -