Pendis

Jelang Assesmen Madrasah, Pengawas Madrasah Lakukan Verifikasi Soal di MIN 1 Bolsel

Selasa, 23 April 2024 19:09 WIB
  • Share this on:

Bolsel (Kemenag) – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Assesmen Madrasah (AM) tahun 2024, Guru MIN 1 Bolsel khususnya guru kelas 6 dan guru mata pelajaran agama telah menyelesaikan penyusunan soal AM yang selanjutnya diverifikasi langsung oleh Tim Pengawas Madrasah dan didampingi oleh Kasman Lakibu, S.Ag selaku Kepala Min 1 Bolsel.

Pengawas madrasah sebagai Tim Verifikator soal AM melakukan kegiatan verifikasi yang terdiri dari mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama. Mapel umum akan diverifikasi oleh Okter Engka, S.Pd sedangkan mapel Agama akan diverifikasi oleh Bunsal Mada, S.Ag. Verifikasi soal yang berlangsung di ruang darurat dewan guru dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan madrasah untuk menghadapi Assesmen Madrasah (23/04/2024).

Kepala Madrasah, Kasman Lakibu menghimbau para guru untuk menyelesaikan penyusunan soal AM dengan memperhatikan aspek dan kaidah penulisan soal yang baik dan benar agar siswa dapat memahami dengan mudah konteks bahasa yang tertuang dalam soal saat menghadapi Assesmen Madrasah nanti.

“Dalam penyusunan soal, guru harus mampu membuat soal yang menantang bagi siswa untuk melatih siswa menjawab soal dengan berfikir kritis. Oleh karena itu, soal yang disusun harus sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) dan materi yang disampaikan kepada siswa selama proses pembelajaran”, ujar Okter Engka.

Sedangkan Bunsal Mada dalam verifikasinya memberikan pesan agar guru harus mampu berfikir kreatif dalam menyajikan bahan pembelajaran kepada siswa. “Seorang guru harus memiliki kreatifitas yang inovatif dalam mengajar terutama pada siswa yang masih kurang dalam membaca Al-Qur’an, terutama pada mata pelajaran Muatan Lokal yang merupakan mapel penunjang pada program GEMA Juz 30”, imbuhnya.

Setelah kegiatan verifikasi soal AM selesai, Kamad mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan verifikasi dan berharap semoga setelah dilakukannya verifikasi, soal AM yang akan disajikan kepada siswa nanti dapat dipahami dan dikerjakan baik sehingga memperoleh hasil yang baik pula.

Editor:
Elen Tontoli
Kontributor:
Sri Rahmayanti

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -