PHU

Jamaah Haji Bolsel Mulai Rekam Data Biometrik Melalui Aplikasi Saudi Visa Bio

Senin, 27 Maret 2023 16:31 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melakukan perekaman visa biometrik bagi seluruh calon jemaah haji tahun 1444 H/ 2023 M melalui Aplikasi Saudi Visa Bio, senin(27/03). 

Proses perekaman visa biometrik tersebut dipantau langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Bolsel Drs. Nasri Sakamole, M.Si didampingi oleh Kepala Seksi PHU Achmad Ma'sum Maspeke, S.Ag MH dan Kepala Seksi Bimas Islam Moh. Zulkifli Latoale, S.Ag, MH. 

Perekeman biometrik merupakan syarat penerbitan visa haji. Jamaah yang belum melakukan perekaman biometrik via aplikasi Saudi Visa Bio, akan terkonfirmasi pada sistem MoFA saat di lakukan proses Fill Mofa Form atau FMF. 

Dalam prosesnya, tiap email dan nomor telepen seluler pribadi hanya dapat digunakan untuk perekaman satu data biometrik. Apabila email dan nomor handphone yang digunakan atas nama lembaga yang ditunjuk dan didaftarkan ke MoFA oleh Kemenag, itu tidak memiliki batasan kuota tertentu. 

Perekaman dilaksanakan di gedung Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu(PLHUT) dengan jumlah calon jamaah haji sebanyak 4 jamaah namun terkendala dengan jaringan maupun Android kapasitasnya rendah hingga membuat para jamaah harus mengganti android yang lebih canggih dan dilanjutkan dengan mengunjungi rumah para Jamaah. 

Kepala Seksi PHU Achmad Ma'sum Maspeke menjelaskan bahwa proses perekaman awalnya mengalami kendala pada Android yang ada. 

"  Awalnya proses perekaman mengalami kendala namun setelah ditelusuri ternyata perekaman berbasis Aplikasi Saudi Visa Bio ini memerlukan Android yang lebih canggih maka kami menggati Andorid yang lebih canggih serta mengunjungi langsung para jamaah, hari ini baru dapat dilakukan perekaman pada 4 jamaah, Insya Allah akan dilanjutkan esok hari,"kata Ma'sum. 

Nasri Sakamole selaku kepala kantor, menyampaikan apresiasi kepada Kepala Seksi Haji  Acmad Maksum Maspeke. 

"Saya ucapakan terima kasih kepada Kasi Haji karena pada hari ini sudah melakukan ujicoba instal Saudi Visa Bio (SVB) kepada jamaah haji bolsel dan berhasil untuk sabmit," Kata Nasri.

Beliau juga menghimbau agar dapat memerikan pelayanan yang maksimal. 

" Berikan Pelayanan yang maksimal, mudah dan menyenangkan, bahkan layani jamaah haji di rumah jika mengalami halangan untuk datang ke kantor Kemenag, " Tutup Sakamole.(Et)

 

Kontributor : Elen Tontoli  

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -