Bimas Islam

Jadi Khotib Shalat Jum'at, Ini Yang Disampaikan Sakamole

Jumat, 1 Maret 2024 13:20 WIB
  • Share this on:

Bolsel(Kemenag) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Drs. H. Nasri Sakamole, M.Si bertindak sebagai Khatib Shalat Jum'at di Masjid Islamic Center Desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki,  Jum'at (8/9/2023). 

Dalam khutbahnya, Nasri  menjelaskan Pentingnya Etika dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
Dalam Islam etika biasa disebut dengan akhlak. Akhlak adalah bentuk jamak dari kata “khuluq”. Dalam Al-Quran, Allah berfirman, 

وَاِنَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمٍ 

“Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur.” (QS. Al-Qalam: 4). Firman Allah ini menunjukkan bahwa akhlak Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah teladan yang agung.
"Kesempurnaan atau kebaikan akhlak seseorang dapat diukur sejauh mana kesamaannya dengan akhlak Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk mengembangkan akhlak yang baik sesuai dengan ajaran Islam." Kata Nasri dalam Khotbahnya. 

Lebih lanjut, kita ditekankan untuk menjadi teladan positif bagi masyarakat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diutus sebagai contoh hidup yang sempurna, dan kita diminta untuk meneladani akhlaknya. Ketidakpatuhan terhadap etika juga dapat berdampak pada lingkungan, dengan tindakan yang tidak bertanggung jawab menyebabkan kerusakan alam.
"Marilah kita bersama-sama berupaya untuk meningkatkan akhlak kita, menjadikan Rasulullah sebagai panutan, dan menciptakan lingkungan yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan. Dengan itu, kita tidak hanya mendekatkan diri kepada Allah, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar kita," ajak Sakamole. 

Turut hadir dalam sholat jum'at Bupati Bolaang Mongondow Selatan H. Iskandar Kamaru, Kasi Bimas Islam, para pejabat Pemda Bolsel dan masyarakat sekitar. (ET).

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Laarpan Lapadang
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -