Bimas Islam

Ingatkan Pentingnya Kalibrasi Kiblat, Kasi Bimas Islam: Pengaruhi Keabsahan Ibadah

Kamis, 21 Maret 2024 22:24 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan H.Moh Zulkifli Latoale, MH mengingatkan masyarakat bahwa kalibrasi kiblat sangat penting karena mempengaruhi keabsahan dalam pelaksanaan ibadah.

“Untuk itu, penting bagi Masjid maupun Musala untuk memiliki sertifikat kalibrasi sebagai bentuk kesempurnaan keberadaan dari Masjid dan Musala tersebut,” sampainya usai melaksanakan Sholat Isa Di Masjid Al-Hidayah desa Linawan Satu, Kamis (21/03/24).

Dijelaskannya, kalibrasi dilaksanakan sebagai upaya penyempurnaan arah kiblat yang erat kaitannya dengan pelaksanaan ibadah solat guna mengarahkan arah kiblat pada tempat semestinya yakni menuju arah Kabah.

“Kemenag siap membantu pengukuran arah kiblat yang merupakan syarat sah sholat dan kepada masyarakat diminta untuk tidak ragu datang dan berkonsultasi ke Kemenag Kab. Bolsel,” ujarnya.

Latoale mengatakan, saat ini dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat akses pemenuhan keinginan masyarakat terhadap penyempurnaan arah kiblat lebih mudah dan cepat.

Lebih jauh Latoale menyampaikan Kemenag terus memberikan bimbingan dengan memberikan pemahaman bahwa kalibrasi tidak merubah bangunannya tetapi hanya posisi arah kiblat dan mengalihkan derajat yang masih kurang ke arah yang sesuai.

“Jika ada indikasi keragu-raguan dalam Kalibrasi silakan konsultasikan ke Seksi Bimas Islam untuk segera ditindaklanjuti,” tutup Latoale.

Turut Hadir Dalam Kegiatan tersebut adalah, Kakan Kememag Kab. Bolsel Drs. H. Nasri Sakamole, M.SI, Ketua Darma Wanita Persatuan Kemenag Bolsel Dra. Sulasri Dai, Kasi Pendis Srinangsi Makalalag, M.Pd, Kepala KUA Kec. Pinolosian Ibnu Hajar Yakaasa, S.HI, Kepala MTs Negeri 4 Boslel dan seluruh Dewan Guru, serta ASN PAI Kemenag Bolsel. (LL)

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Laarpan Lapadang
Penulis:
Laarpan Lapadang

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -