Berita

Ilham Lobud Jelaskan Fungsi Penyuluh Agama Pada Kultum Ba'da Dzuhur

Senin, 12 Agustus 2024 13:54 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Senin 12 Agustus 2024, bertempat di Mushallah An-Namira Kemenag Bolsel. Ilham Muzaffar Lobud Penyuluh Agama Islam Kemenag Bolsel memberikan kultum dengan materi yang di angkat adalah tentang Fungsi  Penyuluh Agama Islam.

Dibuka dengan ayat motifasi surah Al-Alaq ayat 1 - 5 yang secara makna  tersirat menganjurkan kita untuk selalu dan selalu menuntut ilmu Pengetahuan.

Dari 4 fungsi  Penyuluh Agama Islam, salah satu diantaranya adalah fungsi Informatif yaitu penyuluh merupakan tempat untuk mendapatkan informasi tentang keagamaan, sampai dengan sosial kemasyarakatan.

“ Hal ini sengaja saya angkat untuk memberikan penguatan kembali kepada kita semua khusus bagi para penyuluh Agama Islam, mau tidak mau, suka tidak suka,  kita diberikan amanah menjadi Penyuluh Agama Islam,  maka bersiaplah kita untuk menjadi gerbong informasi tentang keagaamaan dan sosial kemasyarakat, “kata Ilham

Lebih dari itu, Ilham pun memberikan satu tips untuk para Penyuluh Agama Islam bahwa segala bentuk arahan, bimbingan, informasi dari atasan yang diberikan kepada kita, hendaknya kita harus catat sebagai bahan referensi kelak disaat kita membutuhkan satu informasi yang akan kita sampaikan kepada objek penyuluhan.

Kemudian ilham pun menutup kultumnya dengan sebuah ungkapan syair dari Imam syafii “ Ilmu itu bagaikan binatang buruan, maka menulis itu adalah ikatannya” jadi  ikatlah buruan itu dengan tulisan agar buruan itu tidak lepas” Waulaahu a’lam, “tutupnya.

Kultum yang dilaksanaan usai shalat Dzuhur ini di hadiri oleh pegawai Kemenag Bolsel.

 

 

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -