Berita

Ikhlas Abas Beri Kultum Ba'da Dzuhur di Mushola An-Namira Kemenag Bolsel

Selasa, 13 Agustus 2024 13:56 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Kultum Ba’da Shalat Zhuhur di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang setiap hari dilaksanakan terus berlangsung hingga hari ini, Selasa (13/08/2024).

Kultum kali ini disampaikan oleh salah seorang pegawai Kemenag Bolsel Seksi Pendis Ikhlas Abas.

Diawal kultummnya Ikhlas mengajak seluruh jamaah untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah, “ Hari ini kita bersyukur karena masih diberikan kenikmatan oleh Allah, salah satu kenikmatan yang perlu kita syukuri yakni kita bisa melaksanakan sholat Dzuhur dengan sempurna tatkala ada Sebagian orang diluar sana yang belum dapat melaksanakan sholat dikarekan suatu dan lain hal,” ucapnya.

“ Di do’akan bersama-sama semoga terkhusus saudara-saudara kita yang ada dikantor ini, selalu dilindungi, dijaga serta selalu diberikan kesehatan oleh Allah Swt. Semoga hari ini kita diberikan Kesehatan dan kekuatan serta ridho Allah swt dalam menjalani kehidupan sehingga semua bukan hanya berjalan lancar tapi juga diberkahi oleh Allah Swt,” tambahnya.

Ikhlas juga mengungkapkan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Ciri aktivitas yang diberkahi Allah swt, muaranya manfaat sehingga Rasulullah bersabda hadits ini cukup terkenal dikalangan para ulama yakni : خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Khoirunnas Anfa'uhum Linnas, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain” jadi Ketika kita menjadi seorang desainer desainnya disukai Allah nga, karyanya disukai Allah nga, jangan sampai kita mendasain sesuatu kemudian Allah tidak meridhoinya, dunianya dapat tapi bekal akhiratnya terreduksi didalamnya, demikian pekerjaan-pekerjaan yang kita lakukan.

jadi mengejar akhirat itu konsepnya bukan meninggalkan dunia tapi justru mengkreasikannya sehingga mempunyai value akhirat.

Masih dalam kultumnya, Pegawai Kemenag Bolsel yang paling Ikhlas ini menjelaskan tentang perkara Thaharah.  Beliau mengatakan bahwa Thahara  terbagi menjadi 3  yaitu, Wudhu, Mandi dan Tayamum.

Artinya perihal bersuci sangat ditekankan oleh Allah dalam agama dan tujuannya adalah agar kita mendapatkan cinta dan kasih sayang Allah, sebagai Allah telah berfirman dalam QS ke 2 : 222

 اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

 (Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang taubat dan membersihkan diri)

“ jika kita ingin mendapatkan cinta dan kasih sayang dari Allah salah satunya adalah dengan mensucikan diri,” tutup Ikhlas Abas.  

Kultum diikuti oleh pegawai Kantow Kemenag Bolsel.

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -