PHU

Ibadah Haji adalah Ibadah Luar Biasa

Senin, 7 Agustus 2023 14:03 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Kepala Kantor Kemenag Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Drs. H. Nasri Sakamole, M,Si memberikan Kultum pada Bada Zuhur di Mushola An-namira Kantor Kemenag Bolsel, senin (07/08). 
Dalam kultumnya kakan Kemenag mengingatkan kepada para jamaah terkait beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin melakukan ibadah haji. 
“Ibadah haji adalah ibadah yang luar biasa, karena semua ibadah ada pada ibadah haji, baik puasanya, sholatnya, ibadah haji gambaran menyeluruh aspek ibadah dan praktek kehidupan manusia dalam keseharian,”ujarnya. 


Lanjut Nasri juga mengatakan catatan penting yang harus disiapkan oleh para jamaa calon haji yaitu kesiapan mental kita terhadap ritual sholat kita dengan ritual sholat yang ada di tanah suci. “ harus ada kesiapan mental untuk kita menghadapi ritual sholat yang ada dibtanah suci, kadang kita laksanakan sholat dengan ayat-ayat pendek, maka perlu persiapan diri dengan pelaksanaan sholat yang menggunakan ayat-ayat yang panjang atau lama,” kata kakan kemenag.


Yang kedua Nasri mengatakan adanya perbedaan wirid yang biasa kita lakukan dengan di tanah suci, “ yang bedanya kita ketika di tanah suci sholatnya lama, maka selesai salam maka sudah selesai, nah kita biasanya di kampung wiridnya yang lama dari pada sholatnya. Nah hal ini saya rasa penting untuk diinformasikan pada calon jamaah melalui manasik haji. 


Terakhir Sakamole menggambarkan tentang pelaksanaan qunut pada sholat subuh.” Di dua masjid besar yang ada di tanah suci selama 40 hari lebih saya berada disana tidak ada yang melakukan qunut, sementara kita Indonesia yang menganut paham Mazhab Syafii mensunahkan melakukan qunut pada sholat subuh, jadi perlu diinformasikan lebih awal kepada jamaah agar tidak ada kesalahpahaman ketika berada di Tanah Suci,” tutup Nasri dalam Kultumnya. 


 Turut hadir dalam sholat zuhur dan kultum yaitu Anggta Polres Bolsel, Kasi Bimas, Kasi Haji, Kasi Pendis, kepala-kepala Madrasah, Kepala KUA, ASN Kemenag Bolsel. (ET) 

 

Humas 

Editor:
rahmathanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -