Pendis

Buka Kegiatan Festival Seni Sakamole Sampaikan Pentingnya Pendidikan Bagi Anak-anak

Rabu, 18 Oktober 2023 09:52 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kab. Bolaang Mongondow Selatan Drs. H. Nasri Sakamole, M.Si membuka acara Festival Pentas Seni dalam rangka Hari Santri dan Hari Batik Nasional, yang dilaksanakan MTs Negeri 2 (17/10).

Sambutan Kakan Kemenag pada Kegiatan yang berlangsung di halaman madrasah ini berisi tentang beberapa hal antara lain, memberi apresiasi pada keluarga besar MTs Negeri 2 bolsel yg sudah menyelenggarakan ivent ini, dengan harapan menjadi ajang kreatifitas bagi para siswa dan menjadi agenda tahunan, yang dapat melibatkan peserta selain madrasah.

H. Nasri juga menyinggung program unggulan GEMA (Gerakan Menghapal Al-Qur'an) Juz 30 yang akan melaksanakan wisuda Tahfidz angkatan ke2 pada awal bulan Desember tahun ini. Selain itu disampaikan pula program GEM-PASIMBOL (Gerakan Memperkuat Prestasi Akademik Siswa Madrasah Bolsel) yang sudah menghantarkan 2 siswa madrasah Bolsel ke tingkat nasional pada ajang KOSSMI dan KSM.

Sakamole juga menyinggung tentang perlunya sinergitas dan kolaborasi dengan Ketua Komite dan semua pihak untuk meningkatkan jumlah siswa yang belajar di madrasah ini. Selain itu jajaran MTsN 2 juga diharapkan menjadi agen perubahan pola pikir masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi anak-anak Bolsel. Masih banyak masyarakat kita yang tidak melanjutkan pendidikan anak mereka ke jejang SLTA apa lagi ke Perguruan tinggi hanya karena alasan ekonomi. Pada hal sesungguhnya penyebab tidak melanjutkan studi anak mereka karena cara berpikir para orangtua yang belum berubah seiring dengan perubahan daerah ini dari kampung menjadi kota.

Diakhir sambutannya Sakamole memberi informasi yang sangat penting yaitu tingkat kekerasan (KDRT) dan kekerasan sex pada anak sangat tinggi. Bahkan sesuai data di Pengadilan Agama tingkat pernikahan anak dibawa umur dan kuantitas perceraian juga tinggi. Karena itu selaku Kakan Kemenag saya mengajak kepada para orangtua, masyarakat dan semua intitusi pemerintah bahu membahu untuk menanggulangi problem daerah tercinta ini.

Acara berlangsung meriah, dan di hadiri oleh Ketua DWP, Kepala Seksi Pendis, Para Pengawas Madrasah, ketua Komite, Sangadi, kepala madrasah, guru2 dan mahasiswa KKN/PPL IAIN Manado, UNG Gorontalo.

 

Humas 

Editor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -