Pendis

Blanko Ijazah Dibagikan, Kasi Pendis Ingatkan Ketelitian dalam Penulisan Ijazah

Rabu, 31 Mei 2023 18:55 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) – Kepala Seksi Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Srinangsi Makalalag, M.Pd  menyerahkan blangko Ijazah Madrasah Aliyah (MA).

Penyerahan dilakukan di Kantor Kemenag Bolsel, Rabu (31/5/23), dan diterima oleh Kepala Madrasah Aliyah (MA) di Kantor Kemenag Bolsel.

sebanyak 108 eksemplar blangko ijazah diserahkan. Dengan jumlah masing-masing madrasah yaitu,
MA Ilomata  sebanyak 6 eksemplar, MA Duminanga sebanyak 58 eksemplar, MA Tolutu sebanyak 44 eksemplar.

Kasie Pendis mengingatkan agar tidak terjadi kesalahan pada pengisian ijazah. Untuk itu Madrasah diminta agar lebih teliti, serta harus berdasarkan Juknis penulisan ijazah yang ada

Karena Ijazah merupakan dokumen negara yang sah yang diberikan kepada peserta didik yang telah tamat belajar pada suatu jenjang pendidikan. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercantum di dalamnya mutlak diperlukan. Ijazah Madrasah Aliyah (MA) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MA dan dinyatakan tamat belajar atau lulus dari satuan pendidikan MA. Untuk itu dalam kesempatan pertemuan dengan Kepala Madrasah, Srinangsi memberikan penguatan terhadap Kepala-kepala Madrasah Aliyah untuk memperhatikan Juknis Penulisan Ijazah agar tidak terjadi kesalahan dalam Penulisan ijazah. pada kesempatan ini juga disampaikan agar Penulis Ijazah yang ditunjuk diberikan SK Penulisan Ijazah yang fungsinya bila terjadi kesalahan penulisan bisa diganti blankonya dengan menunjukkan SK ini pada institusi/badan yang ditunjuk sebagai pengelola, lanjut srinangsi

Petunjuk Teknis Penulisan Ijazah dibuat sebagai panduan bagi madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penulisan blangko Ijazah Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023, agar terhindar dari kesalahan dalam penulisan blangko ijazah, tambah Srinangsi.

Selanjutnya ia menjelaskan dokumen ijazah sangatlah penting artinya, terutama bagi siswa madrasah yang telah dinyatakan lulus. Karena melalui dokumen ini mereka berhak melanjutkan jenjang pendidikan ke tahap selanjutnya. “Ijazah merupakan salah satu  dokumen negara, maka seluruh satuan madrasah wajib menandatangani berita acara serah terima sebagai dari pertanggungjawabannya penyerahan ijazah, dan segera mendistribusikan kepada Siswa yang dinyatak lulus jelasnya.

“Untuk tingkat Raudatul Atfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) masih menunggu menunggu konfirmasi dari bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kemenag Prov.Sulawesi Utara kapan bisa diserahkan,” tutupnya. (LL)

 

CONTRIBUTOR: LAARPAN LAPADANG

Editor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -