Bimas Islam

Bimas Islam Kemenag Bolsel Gelar Supervisi Layanan Administrasi Nikah dan Rujuk Triwulan I Di KUA

Kamis, 27 April 2023 19:40 WIB
  • Share this on:

BOLSEL, (Kemenag) --  Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Bolsel H. Moh. Zulkifli Latoale, S.Ag, MH bersama Staf Bimas Islam melaksanakan Supervisi Layanan Nikah dan Rujuk Triwulan I bulan Januari s/d Maret di KUA Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim), kamis (27/04) 

Kegiatan Supervisi ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran dan fungsi KUA sebagai garda depan Kementerian Agama khususnya dalam pelayanan administrasi nikah dan rujuk yang lebih efektif, efisien dan tepat sasaran. 

Pengawasan dan pemeriksaan nikah dan rujuk KUA Pinolosian Timur ini memeriksa dengan memetakan Pernikahan berdasarkan Tempat (di balai Nikah dan Luar Balai Nikah), berdasarkan Usia (di bawah Umur kurang dari 19 tahun, izin orang tua : di atas 19 tahun dan di bawah 21 tahun  dan normal di atas 21 tahun) serta berdasarkan Domisili/Desa Se-Kecamatan Pintim. 

Kepala KUA Kecamatan Pinolosian Timur Abd. Hafid At-Tamimi, S.Fil.I menyampaikan "Pelayanan administrasi Nikah dan Rujuk KUA Pintim walaupun wilayah Pintim terkendala jaringan Internet, Namun sejak tahun 2015 sampai sekarang sudah menggunakan Layanan  Berbasis Digital memanfaatkan Aplikasi Simkah : Sistem Informasi Manajemen Nikah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, Gercep Tepsar : Gerakan Cepat Tepat Sasaran." 

Simkah sebagai aplikasi berbasis web merupakan solusi layanan pencatatan nikah berbasis IT karena memiliki sejumlah keunggulan diantaranya: 

1. Data terintegrasi dengan Sistem Informasi Administraai Kependudukan. 

2. Dapat diakses secara online dimana saja dan kapan saja. 

3. Dapat menyajikan data nikah secara realtime. 

4. Meminimalisir kesalahan data catin; dan 

5. Mencegah pemalsuan buku nikah. 

Usai melakukan supervisi Kasi Bimas Islam menghimbau agar KUA Kecamatan terus Meningkatan Pelayanan Prima Berbasis IT untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat. 

Pelaksanaan supervisi ini akan berlanjut di KUA se Kab. Bolaang Mongondow Selatan.

 

 

 

Humas

Editor:
rahmathanna
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -