Bimas Islam

Bimas Islam Kemenag Bolsel Gelar Pengembangan KMB tahun 2024

Rabu, 8 Mei 2024 00:08 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Seksi Bimas Islam menggelar Pengembangan Kampung Moderasi Beragama, bertempat di Balai Desa Molibagu Kecamatan Bolaang uki, selasa (07/05) sore hari.

Acara ini dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) H. Sarbin Sehe, didampingi Kakan Kemenag Kabupaten Bolsel H. Nasri Sakamole, Sekertaris Camat Bolaang Uki, Moh. Muslim Gobel, Mewakili Kapolres Briptu Putu Marwan.  

Acara diawali dengan sambutan Kakan Kemenag Kab. Bolsel H. Nasri Sakamole, dalam penyampaiannya mengungkapkan bahwa Kampung Moderasi Beragama yang telah di Launcing pada tahun 2023 kemarin ada 2 Desa. “ di Desa Tolotoyon dan Desa Molibagu, 2 Desa yang terdiri dari berbagai macam suku, bangsa, ras dan agama oleh karena itu betapa pentingnya menciptakan moderasi diantara kita.

Nasri Juga Menjelaskan bahwa dengan pengembangan ini Kantor Kementerian Agama Kab. Bolsel siap mendukung moderasi beragama, yang juga merupakan dukungan terhadap salah satu program prioritas Kementerian Agama, yaitu penguatan moderasi beragama.

Selanjutnya, H. Sarbin Sehe, Kepala Kanwil Kemenag Sulut, juga berkesempatan memberikan sambutan pada acara ini,” pengucapan salam subtansinya adalah doa, tidak ada alasan untuk tidak menjawab salam, hanya pengucapannya saja yang berbeda akan tetapi subtansinya adalah sama yaitu saling mendoakan,” ucap Kakanwil mengawali sambutannya.

Sarbin Juga mengatakan bahwa Agama adalah hak individu, “ tidak ada dikotomi terhadap agama, agama adalah hak setiap warga negara dan itu jelas diatur oleh undang-undang, di negara kit aini sangat beragam, berbeda suku, budaya, dan agama, namun perbedaan kita jembatani dengan moderasi beragama,” lanjutnya.

“Mari kita saling menghormati dan menghargai teruatama tetangga kita, mari kita moderatkan hati kita untuk menciptakan lingkungan humanis, marilah kita menjadi actor utama untuk menggaungkan Moderasi Beragama,” ajak Kakanwil.

 Kepada masyarakat Bolsel Kakanwil mengucapkan terimaksih karena telah menerima perpindahan penduduk dari gunung ruang ke Bolsel, “ terima kasih kepada masyarakat Bolsel yang telah menerima perpindahan penduduk dari Gunung Ruang, Tagulandang, mari kita bangun moderasi beragama yang baik, mereka adalah bagian dari kita dan kita adalah bagian dari mereka, dan Bolsel sudah menjadi bagian dari moderasi,” tutup Kakanwil

Turut menghadiri Kakan Kemenag Kotamobagu Jamaluddin Lamato, Analis Kebijakan pada Bidang PHU H. Wahyudin Ukoli, Kasi Bimas H. Moh. Zulkifli Latoale, Kepala KUA se Kab. Bolsel, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan Ormas, para Pendeta, para imam Desa Tolotoyon dan Desa Molibagu. (Et)

 

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -