Bimas Islam

Bersinergi Bersama KUA, PA Bolaang Uki Gelar Sidang Keliling

Jumat, 18 Agustus 2023 07:09 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Rabu (15/08) Bertempat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Posigadan, Pengadilan Agama Bolaang Uki Melaksanakan Sidang keliling. Sidang keliling kali ini dilaksanakan dengan berkoordinasi bersama pihak KUA Posigadan yang juga mewakili KUA dari 5 kecamatan lain yang berada dalam wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Bolaang Uki yang mencakup wilayah Kecamatan Posigadan, Helumo, Bolaang Uki, Pinolosian dan kecamatan-kecamatan lain di sekitarnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Agama Bolaang Uki kepada masyarakat yang tujuannya tidak lain adalah untuk menjangkau masyarakat pencari keadilan yang bertempat tinggal jauh dari Pengadilan Agama Bolaang Uki sehingga dapat menghemat biaya dan waktu agar tercipta peradilan yang sederhana, cepat, dan berbiaya ringan.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari KUA Posigadan beserta Jajarannya yang telah memfasilitasi agar kegiatan tersebut bisa berjalan sesuai dengan rencana dan juga para pihak yang berperkara bisa mengikuti proses persidangan dengan tenang. Pelaksanaan dan tata cara Sidang di Luar Gedung (Sidang Keliling) persis seperti pada sidang di kantor Pengadilan Agama Bolaang Uki.

Para pihak tampak sudah memenuhi KUA sejak pukul 8 pagi, pelaksanaan persidangan luar gedung dapat berjalan dengan tertib dan aman. Total persidangan sebanyak 11 perkara yang didominasi dengan perkara Isbat Nikah/ Pengesahan nikah serta perkara dispensasi kawin yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki Uten Tahir, S.HI, MH berhasil diselesaikan dengan lancar.

“Untuk kedepannya, diharapkan kerja sama antara pihak Pengadilan Agama Bolaang Uki dan Pihak KUA baik KUA Posigadan maupun KUA di sekitarnya dapat semakin baik lagi, semakin ditingkatkan, demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” Pesan Uten Tahir dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan tersebut.

Pelaksanaan persidangan dengan sistem koordinasi bersama KUA setempat dapat memberikan banyak pengaruh positif. Selain memudahkan akses bagi para pihak pencari keadilan, pelaksanaan sidang luar gedung dengan sistem seperti ini dapat mempermudah baik bagi pihak Pengadilan Agama maupun pihak KUA untuk mengintegrasi data pada domain masing-masing.

Usai pelaksanaan sidang Kepala KUA Posigadan Nurdin Y.K Poiyo, S.HI menghimbau kepada peserta sidang agar segera melengkapi berkasnya ke KUA.

“ Para Peserta Sidang Pengesahan nikah hari ini, agar dapat melengkapi berkasnya untuk KUA agar segera dicatatkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama Kec. Posigadan.” Pesan Kepala KUA termuda se Kab. Bolsel. (ET)

 

 

Humas

Editor:
rahmathanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -