PHU

Beri Pembinaan Manasik Haji di Kemenag Bolsel, Ini Pesan Kakanwil

Selasa, 7 Mei 2024 23:11 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Selasa (07/05) siang hari,  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji Reguler tahun 1445 H tingkat Kabupaten yang berlangsung di Mushola An-namira kompleks Kantor. Acara yang dihadiri 13 jamaah haji  dan 2 berhalangan hadir.

Dalam kegiatan ini, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) H. Sarbin Sehe memberikan pembinaan.

Dikatakan, dalam menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji, pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan kepada jemaah haji secara intensif. 

"Menjadi kewajiban kami untuk memberikan pembinaan dalam bentuk bimbingan manasik haji secara intensif baik ditingkat Kabupaten dan Kecamatan yaitu Pemberian manasik haji 10 Kali, 2 Kali tingkat Kabupaten dan 8 kali ditingkat Kecamatan, " ungkapnya. 

Kakanwil juga mengarahkan kepada jamaah haji agar dapat memilih haji tamattu yaitu melaksanakan umrah terlebih dahulu kemudian ibadah haji, “ melaksanakan ibadah haji itu berat, karenanya ihramnya di jaga, jika ihram batal maka hajinya tidak sah atau batal, dengan kondisi kita yang kadang-kadang tidak mampu menahan hawa nafsu, apalagi kaum wanita yang tidak bisa menjaga lisannya maka saya sarankan untuk memilih haji tamattu, dan jangan lupa melaksanakan sholat sunnah safar, ” ujar Sarbin.

Sarbin Sehe juga menginformasikan keberangkatan jamaah haji dari Bolsel hingga Bali Papan, “  Jamaah Bolsel di jadwal akan berangkat dari Bolsel ke Asrama Haji Manado pada tanggal 16 Mei 2024 , dan pada tanggal 17 Mei 2024 akan bertolak ke Balikpapan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” terangnya.

Diakhir penyampaiannya Kakanwil mengajak kepada seluruh jamaah haji untuk selalu berdoa agar dimudahkan perjalanan ibadah hajinya, dan mendoakan agar Gunung Ruang tidak bereaksi Kembali.

“selalu berdoa kepada yang Maha Kuasa agar dimudahkan perjalanan ibadah hajinya, memohon agar gunung ruang tidak bereaksi sehingga skema keberangkatan jamaah haji tidak berubah,” tutup Sarbin Sehe.  

Kakanwil didampingi Kepala Kemenag Bolsel H. Nasri Sakamole, Kepala Kemenag Kotamobagu Jamaluddin Lamato dan Analis Kebijakan pada Bidang PHU H. Wahyudin Ukoli, Kasi PHU H. Achmad Ma’sum Maspeke di Mushola An-Namira di kompleks Kantor Kemenag Bolsel. (Et)

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -