Sekretariat

Beri Kultum Ba'da Zuhur, Sakamole Bahas Kekuatan Doa Nabi Ibrahim As

Senin, 24 Juni 2024 13:06 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – BOLSEL (Kemenag)—Kultum ba’da zuhur yang menjadi giat di Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) hari ini tetap berlanjut.

Pemberian Kultum yang bertempat di Mushola An-namira ini hadiri oleh seluruh Pegawai Kantor Kemenag Bolsel. Senin (24/06/2024).

Kakan Kemenag H. Nasri Sakamole yang menjadi penceramah pada kultum kali ini membahas tentang kekuatan doa,

Salah satu doa yang diabadikan di dalam Al-qur’an adalah doanya Nabi Ibrahim As yang meminta keturunan di umur yang sudah tidak muda lagi, Dalam perjuangannya, Nabi Ibrahim AS memohon kepada Allah SWT agar diberikan seorang anak yang saleh. Doa ini tercatat dalam Al-Qur'an dan telah menjadi inspirasi bagi banyak orang. Doa Nabi Ibrahim meminta keturunan menjadi salah satu doa yang dianjurkan untuk diamalkan oleh pasangan suami istri yang mengalami hal serupa.

Nabi Ibrahim meminta keturunan ini terdapat dalam Al-quran di mana isinya adalah permohonan kepada Allah SWT untuk dikaruniai seorang anak. Nabi Ibrahim juga sekaligus meminta untuk diberikan keturunan yang sholeh.

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Rabbi hab lī minaṣ-ṣāliḥīn

Artinya: Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

“ untuk memperoleh keturunan itu bukan berdasarkan keinginan kita, ada yang sangat menginginkan punya keturunan tapi Allah tidak beri, tapi ada yang cuma coba-coba tapi Allah beri,”ucap Nasri,

Dari peristiwa Nabi Ibrahim As, dapat digarisbawahi bahwa doa itu adalah doa itu menembus lintas batas, “ Doa itu menembus lintas batas, entah itu pengetahuan manusia, entah bentuk fisik manusia, atau apapun, tapi doa itu akan menembus lintas batas, semua dimensi waktu akan dilewati oleh doa, jadi jangan pernah ragu untuk berdoa,” Pesan Nasri kepada para jamaah dengan penuh semangat.

Nabi Ibrahim mengandalkan Allah SWT sebagai satu-satunya sumber kekuatan dan pemenuhan harapannya. Ia menyadari bahwa hanya Allah yang memiliki kuasa untuk memberikan keturunan. Ini mengajarkan kita untuk bergantung sepenuhnya kepada Allah dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam memperoleh keturunan.

“ Dengan kekuatan doa itu lahirlah ismail dengan kondisi Siti Hajar yang umurnya sudah tidak muda lagi, akan tetapi ada catatannya, pemberian tuhan yang diluar nalar manusia, nantinya aka nada ujiannya yang berat, sesuatu yang kita doakan diluar kemampuan kita, lalu diberi oleh Allah, jangan lupa setelah itu harus kuatkan iman karena akan ada cobaan yang lebih berat,” tutup Nasri

Seperti biasa Kultum yang dibawakan oleh orang nomor satu di Kemenag Bolsel ini memberi rasa penasaran kepada para jamaah sholat zuhur.

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -