Bimas Islam

Beri Kultum Ba'da Zuhur, Laarpan Jelaskan 3 Panggilan Allah

Selasa, 22 Agustus 2023 13:23 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) – Pelaksanaan kultum ba’da sholat zuhur oleh Kantor Kementerian Agama (Kan Kemenag) Kab. Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus berlangsung hingga saat ini, bertempat di Musholah An-Namira Kan Kemenag Bolsel Selasa (22/08).
 Pemberi Kultum pada kesempatan kali ini adalah Ust. Laarpan Lapadang, S.Sos.I, Dalam kultumnya,
beliau menjelaskan bahwa Allah SWT hanya memanggil hambanya tiga kali saja dalam hidup. Pertama panggilan ibadah sholat lima waktu.
“Adzan adalah Panggilan Yang Lembut, yaitu Allah SWT memanggil kita lima kali dalam sehari untuk bertemu dan berkomunikasi denganNya. Panggilan mu’adzin hakikatnya adalah panggilan Allah SWT kepada manusia untuk mencapai kebahagian” Tuturnya.
“Sholat adalah ibadah yang utama. Bahkan sholat akan menjadi parameter dan tolok ukur dari berbagai macam ibadah lainnya” Tambahnya.
”Semua problematika hidup dan kehidupan ada solusinya dalam sholat: sholat Tahajud untuk kemuliaan posisi, sholat Dhuha pembuka pintu-pintu rezeki, sholat Istisqa untuk meminta hujan, Sholat Istikharah untuk menentukan pilihan, dan seterusnya, Paparnya..
Selanjutnya Arpan menyampaikan, bahwa Sholat ada proposal yang kita ajukan kepada Allah.
Yah.. Ternyata dalam Sholat ada 8 Proposal yang kita ajukan kepada Allah SWT sebagai Bukti pengakuan bahwa kita adalah hamba dan Allah adalah Rabb, berikut isi Proposal yang setiap hari kita ajukan kepada Allah :
رب اغْفِرلي Rabbighfirlii = Ya Tuhanku ampunilah aku
وَارْحَمْنِى Warhamnii =  dan sayangi aku,
واجبرني Wajburnii = dan tutuplah aib-aibku,
وَارْفَعْنِي Warfa'nii = dan angkatlah derajatku,
وَارْزُقْنِى Warzuqnii = dan berilah aku rezeki,
وَاهْدِنِى Wahdinii = dan berilah aku petunjuk,
وَعَافِنِى Wa'aafinii = dan sehatkanlah aku,
اعْفُ عَنِّى Wa'fuannii = dan maafkanlah aku.
” tutup Ustadz muda dan keren andalan Kemenag Bolsel.
Turut hadir dalam sholat berjamaah seluruh pejabat dan pegawai Kemenag, Serta anggota Polres Bolsel yang merupakan tentangga dari Kantor Kemenag Bolsel. (Et)

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -