Bimas Islam

Beri Kultum Ba'da Zuhur ini Pesan Nurdin

Senin, 13 November 2023 19:51 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Kepala KUA Kecamatan Posigadan Nurdin Y.K Poiyo., mengisi Kuliah Tujuh Menit (Kultum) di Mushola An-namira Kantor Kemenag Kabupaten Bolsel setelah dilaksanakannya Shalat Zuhur dan pembacaan doa qunut nazillah, Senin(13/11). 

Diawal kultumya Kepala KUA menyampaikan fenomena tentang tingginya pernikahan dibawah umur yang terjadi di Bolsel khususnya diwilayah yang ia tangani. Menurutnya pernikahan dibawah umur ini paling didominan oleh perempuan dari 34 pasang pernikahan dibawah umur 32 pasang diantaranya pengantin wanitalah yang dibawah umur

Melihat peristiwa ini Nurdin mengingatkan para jamaah juga dihadapan Kakan Kemenag Bolsel, Kepala-Kepala Seksi, tentang pentingnya untuk menjaga dan melindungi anak-anak perempuan kita. 

"setiap orang berusaha memupuk keimanan dan ketakwaan agar kelak bisa masuk ke surga.Akan tetapi tak semua orang dapat masuk ke tempat tersebut. Allah SWT bahkan mengharamkan kepada tiga golongan manusia untuk masuk ke surga. 

Rasulullah SAW bersabda, "Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga: pecandu minuman keras, anak durhaka, dan laki-laki yang membiarkan tindak kekejian terjadi di tengah keluarganya". (HR Ahmad).
Dalam penjelasannya yang pertama pecandu minuman keras atau barang-barang haram lainnya diharamkan masuk surga oleh Allah SWT. Hal itu karena minuman keras mempunyai dampak buruk bagi kesehatan fisik dan berujung pada rusaknya organ tubuh.
Yang kedua adalah anak yang durhaka terhadap orang tuanya. 

"Allah SWT mengharamkan anak durhaka kepada orang tuanya untuk masuk ke dalam surga. Karena bagi seorang anak, surga berada pada keridhaan orang tuanya," jelas Nurdin 

Dan yang terakhir yaitu Dayyuts atau minimnya rasa cemburu dalam hal ini ditujukan dari seorang suami kepada anak dan istrinya. Dia tidak merasakan suatu dosa apabila anak ataupun istrinya melakukan perbuatan yang mengundang dosa. Maka orang ini diharamkan masuk surga oleh Allah SWT. 

"Padahal peran sebagai seorang suami sekaligus ayah menjaga istri dan anaknya agar tidak masuk ke dalam api neraka, untuk itu marilah kita sama menjaga anak-anak perempuan kita, saudara perempuan kita dan perempuan-perempuan disekeliling kita. Agar terjauhi dari pernikahan dibawah umur serta kita terhindar dari sifat Dayyuts". Tutup Kepala KUA dengan penuh semangat. (Et)

Editor:
rahmathanna
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -