Sekretariat

Beri Kultum Ba'da Dzuhur, Sakamole Jelaskan 4 Indikator Dalam Melakukan Pekerjaan

Senin, 7 Oktober 2024 15:31 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) – Usai melaksanakan Shalat Dzuhur berjamaah, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Nasri Sakamole memberikan kultum di Musolah An-Namira Kantor Kemenag setempat, Senin (07/10/2024).

Pada kultum ini Kakan Kemenag menjelaskan terkait dengan 4 Hal yang harus disiapkan dan  dilakukan oleh Instanti ketika menghadapi Inpektorat.

Pertama, Regulasi adalah setiap pekerjaan yang kita laksanakan maka perlu didasarkan dengan regulasi yaitu dengan dibuktikan dengan uraian tugas dan fungsi kita yang ditanda tangani oleh Kepala Seksi masing-masing. “ setiap orang mengerjakan tugas harus mengetahui uraian tugasnya seperti apa, yang berdasarkan dengan regulasi yang ada,” kata Nasri.

Kedua, Proses dan Prosedurnya yaitu mempunyai SOP, tahapan – tahapan yang harus ditulis dan diikuti secara sistematis, setiap orang bisa melakukan kesalahan karena tidak sesuai dengan SOPnya.

Ketiga, Kewenangan yaitu hak dan kekuasaan untuk melakukan sesuatu, memerintah, membuat keputusan, atau melimpahkan tanggung jawab kepada orang lain. Kewenangan juga dapat diartikan sebagai kekuasaan formal yang berasal dari undang-undang, “Kewenangan itu memaksa kita untuk melakukan sesuatu dan memaksa kita tidak melakukan sesuatu, seorang pejabat harus melakukan sesuatu  sesuai dengan kewenangannya,” Ungkap Kakan Kemenag.

Terakhir, Dokumen dan Dokumentasi yaitu Dokumen dalam bentuk surat dan sebagainya. Dokumen ini harus disimpan dan dokumen yang tersimpan itulah yang dinamakan Dokumentasi.

“jika semua ini bisa terinventaris bagus maka kita semua akan aman disaat ada pemeriksaan, saya berharap kita semua bisa menggunakan empat indikator ini dalam bekerja, output setiap kegiatan ini adalah laporan, maka sebelum pemeriksaan saya pastikan terlebih dahulu laporannya di setiap Seksi,” tutup Nasri Sakamole.

Kultum Ba’da Dzuhur ini diikuti oleh semua ASN Kemenag Bolsel. (Et)

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -