Bimas Islam

Beri Ceramah pada Safari Ramadhan Zulkifli Jelaskan 3 Tingkatan Orang Berpuasa

Selasa, 28 Maret 2023 08:44 WIB
  • Share this on:

BOLSEL(Kemenag) -- Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Zulkifli Latoale, S.Ag M.H memberikan ceramah pada Safari Ramadhan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah(Pemda) Kab. Bolsel bertempat di Masjid Al-Muttaqin Desa Tobayangan Kec. Pinolosian, senin(27/03). 

 

Kasi Bimas juga termasuk dari salah satu Tim Safari Ramadhan Pemda Bolsel yang diketuai oleh Mulyono Rochim, SE dengan 10 anggota, dan ditugaskan menjadi Penda'i dalam tim Safari Ramadhan ini. 

 

Dalam ceramahnya beliau mengulas tentang pentingnya puasa ramadhan dengan menitikberatkan pada tiga tingkatan puasa yaitu Shaumul Umum, shaumul khusus, dan shaumul khususil khusus.

" Puasa Shaumul umum adalah puasanya orang awam adalah puasa yang hanya sekedar menahan makan dan minum dan menjaga kemaluan dari godaan syahwat, tingkatan puasa ini tergolong puasa yang paling rendah,"ungkap Latoale. 

 

Selanjutnya puasa khusus, yaitu puasa selain menahan makan dan minum serta syahwat juga menahan pendengaran, pandangan, ucapan, gerakan tangan dan kaki dari segala ancaman bentuk dosa.

"Puasa ini sering disebut dengan puasa para shalihin. Tidak akan mencapai kesempurnaan dalam tingkatan puasa kecuali harus melewati enam hal tersebut, gunakanlah waktu untuk berzikir kepada Allah serta membaca Al-Quran untuk menjaga pendengaran dari kata-kata tidak baik. 

 

Terakhir yaitu puasa Khusus yaitu puasa bagi orang-orang khusus yang hatinya jauh dari pikiran-pikiran duniawi serta selalu menahan segala hal yang dapat memalingkan dirinya dari Allah SWT.

"Puasa khusus yaitu puasa hati dari segala keinginan hina dan segala pikiran duniawi, serta mencegah memikirkan apa apa selain Allah SWT," tutup Zulkifli. (Et)

 

Kontributor : Elen Tontoli

 

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -