Bimas Islam

Beri Bimbingan Mental di Polres, Ilham Lobud Jelaskan Masalah Thaharah

Kamis, 1 Agustus 2024 16:08 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag) -- Penyuluh Agama Islam Kantor Kemenag Kabupaten Bolang Mongondow Selatan (Bolsel), kembali  mendatangi Polres Bolsel untuk memberikan bimbingan mental dan Bimbingan Al-Qur’an. Hal ini sesuai dengan MOU antara Kantor Kemenag Bolsel dengan Polres Bolsel, kamis (01/08).

Penyuluhan hari ini dimulai dengan membarikan materi dasar selama satu  jam oleh ust Ilham Muzaffar Lobud sebagai PAI dengan materi Thaharah.

Dijelaskan secara singkat oleh Ustat Ilham bahwa thaharah artinya bersih dan suci dari kotoran atau najis, baik yang bersifat hissi (yang dapat terlihat) seperti kencing atau lainnya, dan najis yang bersifat ma'nawi (yang tidak kelihatan zatnya) seperti aib dan maksiat.

Selain pengertian, Muzaffar juga menjelaskan terkait dasar hukum, dan bagaimana cara mensucikannya.

Suasanapun menjadi cair dan penuh kekerabatan ketika selesai memberikan materi, para tahanan bertanya tentang masalah masalah bersuci dan lain sebagainya.

Usai menyampaikan materi bimbingan, kegiatan dilanjutkan dengan materi Tahsinul Qur’an yang di sampaikan oleh Ust Abdullah dan Ust Ilham. Dengan pembagian kelompok menjadi 2 yaitu kelompok Iqro dan kelompok Al-Qur’an.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan bahwa pelaksanaan bimbingan ini dilaksanakan setiap minggunya, “ jika tidak ada halangan,  minggu depan kami akan membawakan alat peraga untuk bimbingan Iqro supaya teman teman tahanan bisa langsung paham huruf per huruf ,” ungkap Ustat Abdullah.

Ketika ditanya jumlah tahanan muslim yang ada di ruang tahanan Kasat TAHTI POLRES BOLSEL mengatakan jumlahnya sekarang ada 10 orang, minggu lalu ada 13 orang tapi 3 orang sudah dinyatakan  bebas karena sudah ada kesepakatan berdamai dengan pihak keluarga.

Bimbingan mental dan bimbingan Al-Qur’an dimulai dari pukul 09.00 sampai pukul 10.30.

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -