Sekretariat

ASN Kemenag Bolsel Ikuti Upacara Hadriknas bersama Pemerintah Daerah

Kamis, 2 Mei 2024 09:42 WIB
  • Share this on:

BOLSEL (Kemenag)  Dalam rangka memperingati Hari pendidikan Nasional (Hardiknas) 02 Mei,  Kantor Kementerian Agama bersama jajaran Pemerintahan Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan melaksanakan upacara peringatan di lapangan Gelora Molibagu.

Upacara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini dihadiri pula oleh dinas instansi Pemerintah Daerah, TNI POLRI, Kemenag Bolsel, Kamis (02/05).

Penetapan Hardiknas tak lepas dari sosok Ki Hadjar Dewantara, pelopor pendidikan Indonesia. Tanggal 2 Mei dipilih sebagai hari istimewa ini, bertepatan dengan hari lahirnya pada tahun 1889. Jasa-jasanya yang gemilang dalam memajukan pendidikan di Indonesia, mengantarkan beliau pada gelar terhormat “Bapak Pendidikan Nasional”.

Di tahun 2024, peringatan Hardiknas mengusung tema inspiratif “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Tema ini mengajak seluruh elemen bangsa, dari pendidik, peserta didik, hingga masyarakat luas, untuk bahu membahu dalam mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia.

Gerakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan merupakan sebuah gerakan yang menitikberatkan pada kemandirian belajar peserta didik. Pendekatan ini mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif, dan kritis dalam proses belajar mengajar. Hal ini sejalan dengan cita-cita Ki Hadjar Dewantara untuk menciptakan generasi bangsa yang cerdas, mandiri, dan berkarakter mulia.

Dalam amanat Menteri Pendidikan Nadiem Makarim yang dibacakan oleh Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru diamanatkan agar segenap masyarakat dan tenaga pendidik untuk terus melakukan perubahan untuk menuju kearah yang lebih benar, tugas kita belum selesai, semua yang telah dijalankan harus terus diteruskan sebagai Gerakan yang berkelanjutan untuk mewujudkan sekolah yang dicita-citakan.

Upacara berlangsung tertib dan hikmat dan diakhiri dengan foto bersama Kemenag dengan Bupati Bolsel dan jajarannya.

ASN Kemenag Bolsel yang turut mengikuti upacara yaitu, Pejabat Eselon IV, Kepala Madrasah, Guru, Staf Tata Usaha, Kepala KUA beserta Staf dan Penyuluh Agama Islam. (Hms)

Editor:
rahmathanna@kemenag.go.id
Kontributor:
Elen Tontoli
Penulis:
Elen Tontoli

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -